Andai

Andai saya bisa menggantikan waktu, maka akan saya ganti semua waktu menjadi waktu-waktu yang bahagia, waktu-waktu yang membuat saya tertawa, waktu-waktu yang membuat saya riang gembira, sayang nya saya manusia yang sedikitpun tak mampu membuat itu saya atur sendiri, mau tak mau saya harus menjalani tiap detik waktu, tiap hela nafas dengan takdir yang sudah di tetapkan. Andai sesal itu dapat hadir di awal waktu mungkin tak kan ada sesal dalam jalan hidup, semua orang akan menghindari sesal itu sejak awal. Tapi sayangnya semua telah ada yang mengatur yang maha sempurna yang tiada satu pun mahluk di dunia ini dapat mengalahkan tindakan dan kehendaknya. Hari ini memang tak pernah saya ketahui sebelumya, saya hanya mengikuti aliran waktu hingga sampailah saya di stasion hari ini, saya menyaksikan banyak hal di hari ini, tetapi saya tak menemukan satu pun hal tentang diri saya, saya terlalu bodoh untuk mengetahui karya apa yang sebenarnya dapat saya lakukan untuk bekal persembahan di hari esok dan hari-hari setelah hari ini dan hari-hari setelah hari esok dan lusa. Mungkin kan hidup ini akan berakhir hari ini?? Tentu tidak, dan tentu saya tak rela, bukan terlalu cinta hidup, tetapi saya tak begitu pede untuk menjalani kehidupan setelah hidup yang saya jalani hari ini, kalo saya boleh minta, kalo saya boleh nawar, biarlah saya hidup lebih lama, beri saya kesempatan untuk menanam pohon amal sehingga ketika nyawa berpisah dengan raga ini saya dapat menuai buah amal dari pohon yang telah saya tanam di hari ini. Namun saying nya itu adalah harapan, karena waktu itu gaib, ntah kapan berlalu, maka saya tetap harus menanam aneka pohon amal buat bekal perjalanan hidup selanjutnya. Ah hidup penuh rahasia ini tetap berjalan, walau saya terdiam tak bergerak, tapi hidup terus beranjak, menggerogoti sisa usia.

Tinggalkan Balasan

