KIAMAT SUDAH DEKAT…!!!

Menurut bahasa kita, Kiamat itu, ya peristiwa kehancuran itu

Apakah Tsunami di Aceh..adalah Kehancuran..? Apakah gempa di Jogya ..adalah kehancuran..? Gempa di Singkarak, Solok juga kehancuran..? Gempa di Bengkulu adalah juga Kehancuran..? Runtuhnya Gedung Mitsubishi Sutan Kasim dan pada retaknya gedung FBSS UNP apakah juga Kehancuran…? Jawabannya adalah Iya ..pada Hancur.

Berarti itu adalah sama dengan Kiamat…???

Benarkah kita mengartikan Kiamat itu adalah kehancuran? Jika jawabannya YA..berarti pengetahuan kita tentang Hari Kiamat selama ini memang kurang tepat seperti dijelaskan di dalam Al-Qur’an. Seperti kita tidak bisa menghilangkan kesan bahwa Kiamat itu adalah Kehancuran.

Benarkah hari kiamat itu hari kehancuran..?? Apa arti Kiamat (Qiyamah) dalam terjemahan Al-Qur’an ..? Al-Qur’an: yang dimaksud dengan Hari Kiamat itu adalah Hari Setelah Kebangkitan.

Dan Allah tidak berkata-kata kepada mereka pada hari Qiyamah, Dan tidak akan mensucikan mereka, dan bagi mereka azab yang pedih. (Al-Quran, surat Al-Baqarah, ke 2 ayat 174)

Pada hari Qiyamah engkau akan lihat orang yang mengadakan dusta atas Allah itu, wajah mereka hitam. Bukankah di jahannam tempat kembali orang-orang yang sombong ? (Al-Quran, surat Az-Zumar, ke 39 ayat 60)

Dan,

(Al-Quran, surat An-Nisaa’, ke 4 ayat 149)

(Al-Quran, surat Al-An’am, ke 6 ayat 12)

(Al-Quran, surat Al-An’am, ke 6 ayat 25)

(Al-Quran, surat Al-Isra’, ke 17 ayat 13)

(Al-Quran, surat Maryam, ke 19 ayat 95)

(Al-Quran, surat Al-Furqon, ke 25 ayat 69)

Pada ayat-ayat di atas semuanya menyatakan “Yaumul Qiyaamah” akan tetapi tidak dilihatkan bahwa Yaumal Qiyaamah (hari kiamat) sebagai hari kehancuran. Melainkan adalah hari setelah kebangkitan.

Ia bertanya: “ Bila hari Qiyamah ?  # Maka apabila bingung pemandangan dan takut  # Dan jadi gelap bulan # Dan dikumpulkan matahari dan bulan # Akan berkata manusia : “Kemana tempat lari” # Awaslah, tidak ada tempat perlindungan  # Pada hari itu, kepada Tuhan mu tempat ketetapan  # Diberi tahu kepada manusia pada hari itu, apa yang ia telah kerjakan dan tinggalkan (QS. 075.006 – 075.013)

Adapun Kiamat itu sendiri disebut : Saa’ahh yang berarti Sa’at Kehancuran

Jadi Sebenarnya..Hari kehancuran itu Yaumul Qiyamah ataukah Saa’ahh ?

Sesungguhnya Allah telah ampunkan Nabi dan Muhajirin dan Anshar yang ikut pada waktu (saa’ahh) kesusahan sesudah hampir terbolak balik qalbu segolongan mereka. Kemudian diterima tobat atas mereka. Sesungguhnya Dia pada mereka Pengasih Yang Teliti (Al-Quran, surat At-Taubah, ke 9 ayat 117)

Dan tidak kami menciptakan langit dan bumi dan apa-apa antara keduanya melainkan dengan lengkap. Dan bahwa sa’at (saa’ahh) kehancuran itu akan datang Lantaran itu maafkanlah dengan cara yang bagus (Al-Quran, surat Al-Hjir, ke 15 ayat 85)

Sudahkah jelas bagi kita Apa hari Kiamat Itu…?? Bukankah sudah dekat..waktunya ..?? Apa sajakah Tanda-tandanya…?Telah dekat sa’at kehancuran, dan telah terbelah bulan (Al-Quran, surat Al-Qomar, ke 54 ayat 1)

Dan kepunyaan Allah rahasia langit dan bumi Dan tidak urusan sa’at kehancuran itu melainkan seperti kedipan pandangan atau lebih dekat Sesungguhnya Allah atas tiap sesuatu Berkuasa (Al-Quran, surat Al-Nahlu, ke 16 ayat 77)

Allah Yang menurunkan Kitab dengan lengkap dan Miizaan. Dan tidak engkau tahu barangkali sa’at kehancuran telah dekat (Al-Quran, surat Ar-Ruum, ke 30 ayat 55).

“Terangkan kepada ku tentang Kiamat ( saa’ah)” Jawab Nabi saw: “Orang yang ditanya tidak lebih tahu dari orang yang menanya”. Kata (jibril):”Terangkan kepadaku tanda-tandanya”. Jawab Nabi: “Apabila hamba sayaha telah melahirkan majikannya dan Apabila orang-orang dusun yang melarat telah bermewah-mewahan di gedung-gedung yang indah” (Shahih Muslim)Dari Annas ra katanya Rasulullah saw bersabda: “Belum akan terjadi kiamat (saa’ahh), selama masih ada orang yang iman kepada Allah di muka bumi.” (Shahih Muslim)

2466. Dari Hudzaifah bin Asid Al Ghiffari ra, katanya: “Rasulullah saw menengok kami ketika kami sedang berbincang-bincang seraya bertanya: “Apa yang sedang kalian perbincangkan ?” Jawab para sahabat “Kami berbincang-bincang mengenai hari kiamat(saa’ahh).” Sabda beliau : “Sesungguhnya dia tidak akan terjadi sebelum terlihat 10 tanda. 1.Ad-Dukhan (Asap) 2.Dajjal 3. Dabbah, 4.Matahari terbit di barat, 5.Isa anak Maryam turun. 6.Ya’juj dan Ma’juj. 7.Gerhana di Timur 8.Gerhana di barat. 9.Gerhana di Jazirah arab. 10 Api menyala di Yaman menghalau ummat manusia ke mahsyar (tempat berkumpul). (Shahih Muslim).

2485. Dari Abdullah ra, dari Nabi saw, sabdanya: “Tidak terjadi kiamat (saa’ah) melainkan karena kejahatan manusia” (Shahih Muslim)

Coba kita renungkan… sudah berapa lamakah kita hidup di dunia ini..?? dan coba kita hitung.. sudah berapa kalikah kita berbuat kejahatan….??

Masih ragukah kita akan kedatangan Kiamat itu sudah dekat..??? lebih jelasnya dikupas secara tegas oleh Kh.Fahmi Basya …. Download di sini…KIAMAT.. (Format .pps)

Kesimpulannya: Qiyaamah pada Al-Qur’an tidak dapat diartikan KIAMAT dalam bahasa kita. Yaumul Qiyaamah harus difahami sebagai Hari Berdiri.

“AL-QURAN”

Al-Qur’an (ejaan KBBI: Alquran, dalam bahasa Arab قُرْآن) adalah kitab suci agama Islam. Umat Islam mempercayai bahwa Al-Qur’an merupakan puncak dan penutup wahyu Allah yang diperuntukkan bagi manusia, yang disampaikan kepada Nabi Muhammad SAW melalui perantaraan Malaikat Jibril.

Ditinjau dari segi kebahasaan (etimologi), Al-Qur’an berasal dari bahasa Arab yang berarti “bacaan” atau “sesuatu yang dibaca berulang-ulang”. Kata Al-Qur’an adalah bentuk kata benda (masdar) dari kata kerja qara’a yang artinya membaca. Konsep pemakaian kata ini dapat juga dijumpai pada salah satu surat Al-Qur’an sendiri yakni pada ayat 17 dan 18 Surah Al-Qiyamah yang artinya:

“Sesungguhnya mengumpulkan Al-Qur’an (di dalam dadamu) dan (menetapkan) bacaannya (pada lidahmu) itu adalah tanggungan Kami. (Karena itu), jika Kami telah membacakannya, hendaklah kamu ikuti bacaannya”.(75:1775:18)

*

Terminologi

Sebuah cover dari mushaf Al-Qur'an

Sebuah cover dari mushaf Al-Qur’an

Dr. Subhi Al Salih mendefinisikan Al-Qur’an sebagai berikut:

“Kalam Allah SWT yang merupakan mukjizat yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW dan ditulis di mushaf serta diriwayatkan dengan mutawatir di mana membacanya termasuk ibadah”.

Adapun Muhammad Ali ash-Shabuni mendefinisikan Al-Qur’an sebagai berikut:

“Al-Qur’an adalah firman Allah yang tiada tandingannya, diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW penutup para Nabi dan Rasul, dengan perantaraan Malaikat Jibril a.s. dan ditulis pada mushaf-mushaf yang kemudian disampaikan kepada kita secara mutawatir, serta membaca dan mempelajarinya merupakan ibadah, yang dimulai dengan surat Al-Fatihah dan ditutup dengan surat An-Nas

Dengan definisi tersebut di atas sebagaimana dipercayai Muslim, firman Allah yang diturunkan kepada Nabi selain Nabi Muhammad SAW, tidak dinamakan Al-Qur’an seperti Kitab Taurat yang diturunkan kepada Nabi Musa AS atau Kitab Injil yang diturunkan kepada Nabi Isa AS. Demikian pula firman Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW yang membacanya tidak dianggap sebagai ibadah, seperti Hadits Qudsi, tidak termasuk Al-Qur’an.

Nama-nama lain Al-Qur’an

Dalam Al-Qur’an sendiri terdapat beberapa ayat yang menyertakan nama lain yang digunakan untuk merujuk kepada Al-Qur’an itu sendiri. Berikut adalah nama-nama tersebut dan ayat yang mencantumkannya:

* Al-Kitab, QS(2:2),QS (44:2)

* Al-Furqan (pembeda benar salah): QS(25:1)

* Adz-Dzikr (pemberi peringatan): QS(15:9)

* Al-Mau’idhah (pelajaran/nasehat): QS(10:57)

* Al-Hukm (peraturan/hukum): QS(13:37)

* Al-Hikmah (kebijaksanaan): QS(17:39)

* Asy-Syifa’ (obat/penyembuh): QS(10:57), QS(17:82)

* Al-Huda (petunjuk): QS(72:13), QS(9:33)

* At-Tanzil (yang diturunkan): QS(26:192)

* Ar-Rahmat (karunia): QS(27:77)

* Ar-Ruh (ruh): QS(42:52)

* Al-Bayan (penerang): QS(3:138)

* Al-Kalam (ucapan/firman): QS(9:6)

* Al-Busyra (kabar gembira): QS(16:102)

* An-Nur (cahaya): QS(4:174)

* Al-Basha’ir (pedoman): QS(45:20)

* Al-Balagh (penyampaian/kabar) QS(14:52)

* Al-Qaul (perkataan/ucapan) QS(28:51)

Struktur dan pembagian Al-Qur’an

Surat, ayat dan ruku’

Al-Qur’an terdiri atas 114 bagian yang dikenal dengan nama surah (surat). Setiap surat akan terdiri atas beberapa ayat, di mana surat terpanjang dengan 286 ayat adalah surat Al Baqarah dan yang terpendek hanya memiliki 3 ayat yakni surat Al Kautsar. Total jumlah ayat dalam Al-Qur’an mencapai 6236 ayat di mana jumlah ini dapat bervariasi menurut pendapat tertentu namun bukan disebabkan perbedaan isi melainkan karena cara/aturan menghitung yang diterapkan. Surat-surat yang panjang terbagi lagi atas sub bagian lagi yang disebut ruku’ yang membahas tema atau topik tertentu.

Makkiyah dan Madaniyah

Sedangkan menurut tempat diturunkannya, setiap surat dapat dibagi atas surat-surat Makkiyah (surat Mekkah) dan Madaniyah (surat Madinah). Pembagian ini berdasarkan tempat dan waktu penurunan surat dan ayat tertentu di mana surat-surat yang turun sebelum Rasulullah SAW hijrah ke Madinah digolongkan surat Makkiyah sedangkan setelahnya tergolong surat Madaniyah.

Juz dan manzil

Dalam skema pembagian lain, Al-Qur’an juga terbagi menjadi 30 bagian dengan panjang sama yang dikenal dengan nama juz. Pembagian ini untuk memudahkan mereka yang ingin menuntaskan bacaan Al-Qur’an dalam 30 hari (satu bulan). Pembagian lain yakni manzil memecah Al-Qur’an menjadi 7 bagian dengan tujuan penyelesaian bacaan dalam 7 hari (satu minggu). Kedua jenis pembagian ini tidak memiliki hubungan dengan pembagian subyek bahasan tertentu.

Manuskrip dari Al-Andalus abad ke-12

Manuskrip dari Al-Andalus abad ke-12

Penurunan Al-Qur’an

Dipercayai oleh umat Islam bahwa penurunan Al-Qur’an terjadi secara berangsur-angsur selama 23 tahun. Oleh para ulama membagi masa turun ini dibagi menjadi 2 periode, yaitu periode Mekkah dan periode Madinah. Periode Mekkah berlangsung selama 13 tahun masa kenabian Rasulullah SAW dan surat-surat yang turun pada waktu ini tergolong surat Makkiyyah. Sedangkan periode Madinah yang dimulai sejak peristiwa hijrah berlangsung selama 10 tahun dan surat yang turun pada kurun waktu ini disebut surat Madaniyah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: